Indonesia Sasaran Empuk Mobile Advertising

30/01/2011 09:33

BuzzCity baru-baru ini mengumumkan hasil dari Global Mobile Advertising Index untuk Q4 2010, beserta angka-angka pencapaian tahunan.

Global Mobile Advertising Index dari BuzzCity mengamati aktivitas di keseluruhan jaringan BuzzCity, termasuk lebih dari 2.500 situs ponsel di seluruh dunia. Hasil indeks ini mewakili sebuah pengukuran atas permintaan para pengiklan atas iklan di situs ponsel.

Dalam laporan terbarunya yang memaparkan data untuk Q4 2010 (Oktober hingga Desember 2010), terungkap bahwa terjadi peningkatan mobile advertising (iklan di situs ponsel) sebesar 12% dibanding Q4 2009.


Secara keseluruhan, tahun 2010 terbukti sebagai tahun yang positif bagi BuzzCity dengan peningkatan 93% iklan yang disebarkan dibanding tahun 2009. Seiring dengan pertumbuhan jaringan iklan BuzzCity, kampanye dari para pengiklan juga meningkat. 2.500 pengiklan menjalankan kampanye dan meningkatkan belanja iklan mereka di beberapa pasar utama. Peningkatan dari jumlah kampanye datang dari sektor pariwisata, layanan konsumen, serta produk-produk perbankan. Industri perbankan khususnya menyasar grup konsumen berusia muda dengan fokus pada kampanye perolehan nasabah dan iklan branding.

Secara khusus, laporan BuzzCity juga mendalami pasar mobile advertising Indonesia. Di sini, terjadi pertumbuhan sebesar 15% dibanding tahun 2009, meliputi sekitar 13,9 miliar iklan banner yang disebar. Posisi kita dalam percaturan mobile advertising dunia pada Q4 2010, menurut BuzzCity, ada di tempat kedua setelah India. Padahal, tiga kuartal sebelumnya, kita selalu memimpin di posisi puncak.

Dr. KF Lai (CEO BuzzCity) menyatakan, “Untuk tahun 2011, kami percaya faktor-faktor pendorong seperti persaingan harga dari para operator selular dan semakin murahnya harga handset yang canggih akan meningkatkan pertumbuhan iklan di situs ponsel."